Home » » Benarkah Minum Es Teh Berbahaya? Ini Fakta Terbaru Penelitian di Amerika

Benarkah Minum Es Teh Berbahaya? Ini Fakta Terbaru Penelitian di Amerika



Bagi kebanyakan orang Indonesia, terutama orang Jawa, es teh manis yang pasti bukan suatu hal yang baru.

Minuman ini sudah jadi favorite mulai sejak zaman dahulu kala, baik juga sebagai pelepas dahaga maupun sebagai rekan saat makan.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa minuman nikmat yang satu ini ternyata sangatlah beresiko untuk kesehatan Anda?

Menurut suatu penelitian yang dikerjakan oleh beberapa peneliti di Loyola University Medical Center di Chicago, Amerika Serikat ; es teh ternyata bisa mengakibatkan terbentuknya batu ginjal apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Kenapa demikian? Seperti diambil dari everydayhealth hal ini karena teh memiliki kandungan oksalat yang makin lama bakal menyatu serta membuat satu kristal atau batu kecil didalam ginjal. Batu ini bisa terus jadi membesar serta menyumbat saluran kemih seorang.

Selain di pengaruhi oleh makanan serta minuman yang biasa Anda konsumsi, terbentuknya batu ginjal juga dapat di pengaruhi oleh banyak hal seperti :

Jenis kelamin. Batu ginjal berkembang 4 kali lebih cepat pada pria dibanding pada wanita
Usia. Orang yang berumur lebih dari 40 tahun mempunyai kemungkinan menderita batu ginjal yang lebih tinggi
Pernah menderita batu ginjal. Orang yang pernah menderita penyakit batu ginjal mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk mengalami hal yang sama.

Memiliki riwayat keluarga. Orang yang memiliki anggota keluarga yang pernah menderita batu ginjal bakal memiliki kemungkinan yang lebih tinggi dibanding dengan orang yg tidak mempunyai anggota keluarga yang menderita penyakit ini.

Untuk menghindar terbentuknya batu ginjal, batasilah konsumsi teh Anda setiap hari. Ingatlah bahwa minuman paling sehat adalah air putih.

Oleh karena itu, yakinkan Anda konsumsi setidaknya 2 liter air putih setiap harinya untuk membantu melindungi kesehatan ginjal Anda.

Selain itu, kurangilah mengkonsumsi garam Anda serta makanlah suplemen kalsium, yang bisa menolong kurangi penyerapan oksalat didalam badan.

Sitrat yang ada didalam lemon dapat juga menolong menghindar terbentuknya batu didalam ginjal.

0 komentar:

Posting Komentar